Rata-rata Orang Kreatif itu Ternyata Tidak Jujur

Thursday, April 26, 2012 : 10:09:00 PM

Orang-orang kreatif dinilai sebagai tipe orang yang terhormat dalam masyarakat. Seperti yang kita tahu, jarang profesi kreatif seperti; seniman, komposer hingga penulis novel yang terlibat dalam kasus kriminal dan penipuan, namun penelitian terbaru ini menunjukkan sebaliknya. 

Penelitian terbaru menemukan adanya hubungan antara menjadi kreatif dengan tidak jujur. Lima eksperimen untuk melihat sejauh mana orang-orang kreatif akan berbuat curang dalam keadaan tertentu dan bagaimana cara mereka membenarkannya. Para peneliti menggunakan tes psikologi untuk mengukur tingkat kreatifitas orang yang diteliti. Tes juga dilakukan untuk mengetes kecerdasan peserta.

Selama proses penelitian, ditemukan ada beberapa kecurangan yang membuktikan tidak adanya korelasi antara kepandaian dengan kejujuran. Fakta menarik menunjukkan orang kreatif lebih mudah berbohong sedangkan orang pandai yang tidak terlalu kreatif cenderung menolak berbohong. 

Studi ini mengindikasikan fakta bahwa orang yang bekerja di lingkup kreatif yang menuntut pemikiran kreatif, lebih mudah menghadapi dilema etika. Bisa diambil contoh orang yang bekerja di bidang periklanan, biasa menggunakan kreativitas tinggi untuk membuat suatu produk yang tidak baik menjadi sangat diinginkan banyak orang. 

Meskipun hubungan antara kreativitas dan tidak jujur belum dipelajari secara luas, namun besar kemungkinan orang-orang kreatif juga cenderung berbohong untuk menyelesaikan sebuah masalah dalam segala aspek, mulai dari berkelit dengan presentasi yang baik dalam pekerjaan, mudah melontarkan rayuan gombal dalam percintaan hingga stretegi dalam mengelola teman.

Saat ini 0 komentar :

Copyright © 2016 kasface.com - All Rights Reserved