Facial Ternyata Bikin Jerawat Tambah Parah

Friday, May 11, 2012 : 1:08:00 PM

Masih banyak orang yang beranggapan dan menyarankan agar melakukan facial untuk membasmi jerawat. Padahal, facial bukanlah solusi untuk menghilangkan jerawat. Facial bisa membuat kondisi jerawat semakin parah. Efek buruk dari facial ketika kulit berjerawat adalah kulit bisa teriritasi dan setelahnya timbul bekas jerawat, seperti flek hitam dan kulit parut. 

Facial malah menyebabkan peradangan dan traumatik. Jerawat kan nggak boleh dipencet-pencet. Dengan kita memencet, menekan dan mengeluarkan jerawat bisa membuat peradangan lebih hebat. Nanahnya kan bisa ke mana-kemana. Efeknya bisa membuat bekas jerawat, karena bekas jerawat lebih susah dihilanginnya dibanding jerawatnya itu sendiri. Untuk itu, sebaiknya scrub dihindari. 

Menurut dokter, facial bermanfaat untuk membersihkan komedo dan kotoran wajah saja. Dengan alat facial secara mekanik, maka komedo dan kotoran akan keluar. Sedangkan jerawat tidak boleh dikeluarkan secara paksa. 

Kulit yang berjerawat memang harus pintar-pintar dalam merawatnya. Jangan sampai terjebak oleh janji yang dipromosikan oleh salon atau klinik kecantikan tidak resmi atau tidak mengetahui metode penghilangan jerawat dengan benar. 

Dokter menyarankan untuk menyembuhkan jerawat, Anda bisa melakukan perawatan peeling kimia. Namun Anda harus tahu benar bentuk dan tekstur dari peeling kimia. Hati-hati kalo ke salon diberi peeling yang memiliki butiran scrub, itu bukan peeling kimia. Bentuk peeling kimia adalah cairan. Hati-hati kalo pakai peeling yang bentuknya scrub, itu kalo jerawatnya meradang malah tambah meradang karena gesekan dan tekanan. 

Teknik peeling adalah dengan menggunakan bahan kimia yang aman, berbentuk seperti cairan. Kemudian dioleskan ke seluruh wajah. Lalu secara serentak peeling kimia akan mengelupaskan kulit. Setelah itu, kulit akan dinetralisir dan dalam waktu satu atau dua hari kulit akan terkelupas. Saat peeling dioleskan, wajah akan sedikit terasa perih dan terbakar. Kulit pun menjadi tampak kemerahan setelahnya, tapi jangan khawatir, kondisi tersebut tidak berlangsung lama. 

Untuk produk perawatan wajah lainnya, dokter menyarankan untuk menggunakan pembersih wajah dengan pH seimbang, yang tidak membuat kulit teriritasi. Serta menggunakan krim dokter (krim siang dan malam) yang bisa mengeksfoliasi kulit, agar bersih dari jerawat.

Saat ini 0 komentar :

Copyright © 2016 kasface.com - All Rights Reserved