Mengatasi Kulit Wajah Bekas Lubang Jerawat

Friday, May 11, 2012 : 1:16:00 PM

Setelah jerawat kempis, Anda mungkin masih mengalami masalah lainnya, yaitu bekas jerawat yang terkadang sulit dihilangkan. Selain timbul flek hitam, bekas jerawat juga kerap meninggalkan kulit parut atau lubang kecil di wajah. 

Menurut para dokter, kulit parut lebih sulit dihilangkan dibanding flek hitam. Namun jangan khawatir, ada berbagai teknik untuk memuluskan kembali wajah. Berikut ini tiga teknik untuk mengatasi kulit yang berlubang, tapi belum terlalu parah; 

1. Peeling
Teknik peeling untuk menghilangkan lubang di kulit. Metodenya hampir sama dengan peeling untuk menghilangkan jerawat, yakni wajah dioleskan bahan kimia, yang efeknya membuat kulit terkelupas. 

2. Mikrodermabrasi
Mikrodermabrasi adalah teknik mekanik menggunakan media tertentu yang digosokkan ke wajah. Wajah seperti 'diamplas' menggunakan tip (aplikator) yang dilapisi dengan butiran berlian. 

3. Dermaroller
Roller dilapisi dengan jarum-jarum yang kecil. Sebelum wajah diroll, akan diberikan serum terlebih dahulu. Fungsinya untuk mempenetrasi serum ke dalam kulit, sehingga dapat merangsang pertumbuhan sel-sel kulit yang baru. 

Untuk masalah kulit parut yang sudah parah, perlu penanganan lebih lanjut. Ini dia tiga teknik untuk menghilangkan bekas jerawat yang sudah parah hingga menimbulkan lubang yang dalam dan banyak pada kulit: 

1. Subsisi
Teknik subsisi adalah dengan memasukkan jarum yang agak besar ukuran 18 atau 23G. Kemudian kulit seperti dicacah, fungsinya untuk melepaskan jaringan parut yang menarik kulit. "Lubang di kulit karena jaringan kulit yang menarik ke bawah, nah ketika dimasukkan jarum, maka kita lepaskan atau dicacah dari dalam. Biaya subsisi sekitar Rp 500 ribuan. 

2. Cross TCA
Cara lain adalah dengan teknik cross TCA (Triclora Acid). Bentuknya seperti cairan dengan konsentrasi yang tinggi 50 hingga 100 persen. Cairan tersebut diteteskan pada kulit yang berlubang. Fungsinya untuk merangsang kolagen baru, agar kulit yang masuk ke dalam, bisa naik dan mulus kembali. Biaya Cross TCA sekitar Rp 500 ribuan. 

3. Laser Fractional
Laser fractional berfungsi untuk mengangkat kulit lapis perlapis dan membantu merangsang pembentukan kolagen baru dengan cara wajah 'disetrika' dengan laser panas. Biaya laser fractional sekitar Rp 2 juta atau lebih.

Saat ini 0 komentar :

Copyright © 2016 kasface.com - All Rights Reserved