Nutrisi Penolong Saat Migrain Kambuh

Saturday, May 26, 2012 : 3:13:00 AM

Pada saat migrain kambuh, penderitanya mungkin akan berusaha melakukan apa saja untuk menghilangkan rasa sakit yang menyiksa. Sebelum mencari bantuan dokter, ada baiknya Anda mencari nutrisi penolong di dapur sendiri. 

Makanan tertentu mengandung nutrisi yang dapat mengurangi sakit migrain, atau sebaliknya justru memperburuk rasa sakit. Setidaknya sebelum anda mengonsumsi obat-obatan kimia, gunakan cara alami untuk menghilangkan rasa sakit. 

Berikut beberapa nutrisi yang bisa menjadi penolong di saat migrain kambuh : 

1. Vitamin B-2
Asupan vitamin B-2 atau dikenal dengan riboflavin dapat mengurangi rasa sakit karena migrain. Vitamin ini banyak terkandung dalam makanan seperti almond, brokoli, telur, susu, kubis Brussel, biji-bijian, bayam, kedelai, daging dan yogurt. 

2. Magnesium
Magnesium membantu mengurangi kejang yang terjadi di kapiler dan otot kepala dan leher, faktor utama penyebab migrain. Contoh makanan yang banyak mengandung magnesium antara lain sayuran bit, kenari hitam, sirup gula, kentang, melon, kemangi, sayuran berdaun hijau, tepung gandum, mustard kering, kedelai, tahu, bayam, kacang Brasil, kacang mete, kacang tanah, almond, biji labu dan jintan. 

Perempuan perlu meningkatkan kadar magnesium selama siklus menstruasi jika migrain sering terjadi. 

3. Triptofan
Triptofan adalah asam amino yang bekerja pada otak yang memberitahu untuk melepaskan serotonin atau hormon yang membuat Anda merasa baik. Rendahnya tingkat serotonin dalam darah dapat memicu migrain. Triptofan banyak terkandung dalam makanan seperti Turkey, kacang polong, kacang kenari, almond, beras merah, gandum dan biji wijen. 

4. Lemak omega-3
Asam lemak omega-3 dapat membantu dalam mengontrol gejala migrain dengan menyediakan nutrisi untuk fungsi otak yang tepat. Selain itu, asam lemak omega-3 dikenal untuk mengurangi peradangan di seluruh sistem kardiovaskular, yang mungkin memiliki efek pada kapiler kepala dan dapat membantu meringankan migrain. 

Makanan tinggi asam lemak omega-3 antara lain sarden, herring, tuna, salmon, makarel, ikan halibut, biji rami, minyak biji rami, zaitun, minyak zaitun, kedelai, biji labu dan minyak kenari.

Saat ini 0 komentar :

Copyright © 2016 kasface.com - All Rights Reserved