Tips Ampuh Mengusir Tikus dari Rumah

Saturday, May 5, 2012 : 2:56:00 PM

Banyak cara membasmi tikus. Namun, ada baiknya memilih cara aman dan tak membuat tikus penasaran datang kembali ke dalam rumah Anda. Salah satu masalah yang kerap mengganggu sebagian besar penghuni rumah adalah tikus. Sebagian besar tikus rumah merupakan binatang nokturnal dan takut cahaya terang, tapi tidak jarang mencari makanan di siang hari. 

Tikus rumah layak disebut omnivora yang oportunis, karena mereka memang akan memakan apapun. Untuk itu, simak beberapa tips di bawah ini untuk membuat hewan pemakan segala ini pergi dari rumah Anda dan enggan kembali lagi : 

Berhenti memberi makan 
Tikus betah di rumah karena mereka menikmati perlindungan dan makanan yang ditawarkan. Maka, untuk mengeliminasi hal itu Anda harus menyimpan makanan dalam wadah tertutup dan membersihkan rumah. Gunakan sapu atau mesin penyedot debu, bersihkan semua remah-remah di lantai, sofa, kolong furnitur, dan di mana saja sisa makanan berada. 

Hal lain yang tak boleh luput dari perhatian adalah makanan hewan peliharaan Anda. Hal ini ternyata bisa menjadi sumber makanan tikus. 

Menjadikan rumah mouse-proof 
Mouse-proofing di dalam rumah menjadi sia-sia apabila tikus tetap bisa masuk dari luar. Cobalah Anda berjalan mengelilingi eksterior rumah Anda. Cari lubang, celah, atau apapun yang memungkinkan bisa menjadi pintu bagi tikus. 

Gunakan kombinasi lapisan dan sabut baja untuk menutup lubang. Jangan lupa juga untuk memeriksa di bawah lis atap. Pastikan lubang ventilasi memiliki ukuran kecil (0,5 inci atau kurang), pintu cukup ketat dan tak menyisakan ruang di bawahnya dan di luar, serta tempat sampah tertutup rapat tak menyisakan makanan terletak yang memancing tikus datang. 

Memasang jebakan 
Keuntungan dengan memasang jebakan adalah penggunaannya bisa dipakai berulang kali. Salah satunya penjepit atau perangkap jepret, jebakan ini selalu berhasil membunuh tikus dengan instan, meski kadang kita juga harus menghabisinya sendiri –tidak menyenangkan tapi tidak sulit. 

Selain perangkap tikus model konvensional, sekarang juga banyak tersedia perangkap tikus elektrik, yang bekerja dengan listrik AC, maupun dengan baterai. Prinsip kerjanya sama dengan perangkap jepret. Letakan perangkap di mana tikus memungkinkan berkumpul. Pancing menggunakan umpan, bisa mentega atau selai kacang.

Saat ini 0 komentar :

Copyright © 2016 kasface.com - All Rights Reserved