Tips Mengatasi Cat Tembok Rumah Retak

Thursday, May 3, 2012 : 12:10:00 AM

Masalah dinding retak kerap dijumpai di beberapa rumah. Retakan halus di dinding rumah atau sering disebut retak rambut sering terjadi pada rumah yang baru dibangun. 

Memang, dalam jangka pendek, kondisi retak rambut tidak berbahaya pada bangunan. Namun demikian, retak rambut tetap sebuah "cacat" yang cukup mengganggu keindahan rumah. Apalagi, jika hal itu terjadi pada rumah baru yang seharusnya terlihat mulus dan indah. 

Untuk mengatasinya, ada beberapa hal perlu Anda perhatikan berikut ini : 
Awal pengecatan 
Saat mulai membangun rumah, sebaiknya Anda berhati-hati ketika melakukan pengecatan. Teknik pengecatan yang salah dapat menimbulkan masalah. Untuk itu, sebelum dilakukan pengecatan, Anda haluskan terlebih dahulu tembok secara hati-hati. Setelah itu, siramlah tembok tersebut dengan air secara merata. 

Mencampur cat 
Setelah tembok tersebut disiram air secara merata, tunggulah beberapa menit sebelum memulai pengecatan. Hal ini bertujuan untuk menghindari cat terlalu cepat kering yang biasanya dapat menyebabkan dinding menjadi retak. Jangan lupa juga untuk berhati-hati ketika mencampur cat dengan air. Kualitas dan perbandingan campuran cat dan air sangat menentukan keawetan dan muncul atau tidaknya retak rambut. 

Kualitas cat 
Selain itu, pilihlah kualitas cat yang baik dan perhatikan aturan pemakaian yang tepat. Bagi Anda yang tertarik untuk membeli rumah lama, periksalah keadaan dinding rumah tersebut. Jika dinding luar terasa lembab, catlah terlebih dahulu dengan sealer yang tahan air. 

Terlanjur retak 
Ingat, dinding memerlukan sedikitnya waktu dua minggu untuk benar-benar kering sebelum dicat. Jika tidak, beton akan selalu lembab dan dapat menyebabkan dinding retak bila ada rembesan air. Jika dinding di rumah Anda sudah telanjur retak, persiapkanlah alat-alat untuk memperbaikinya. Caranya cukup mudah. Siapkanlah peralatan berupa ampelas, dempul tembok, dan cat yang sewarna. Korek atau buat retak-retak halus tersebut menjadi lebih dalam, lalu masukkan dempul tembok untuk menambal retak. Kemudian, haluskan dengan ampelas lalu cat kembali. Dalam waktu singkat, tembok rumah Anda akan kembali halus dan mulus seperti sedia kala

Saat ini 0 komentar :

Copyright © 2016 kasface.com - All Rights Reserved