Melihat Fenomena Balancing Rock di Belahan Dunia

Tuesday, December 23, 2014 : 5:52:00 PM

Di Brimham Moor, Yorkshire utara, Inggris terdapat fenomena alam yang luar biasa, yaitu Idol Rock atau 'batu berhala'.

Idol rock yang juga dikenal dengan nama Druids Idol (berhala druid) dan Druid's Writing Desk (meja tulis druid) merupakan susunan batu seberat 200 ton yang ditopang oleh sebuah batu berbentuk piramida mungil.


Di Brimham ada banyak formasi batu seperti ini. Begitu banyaknya hingga batu-batu itu dikira ciptaan sihir druids. Tetapi pada kenyataannya fenomena batu ini bisa dijelaskan dengan hukum gravitasi dalam ilmu fisika.

Sebenarnya tumpukan batu setinggi 4,5 meter ini hanya balancing rock biasa. Apa itu balancing rock? Balancing rock adalah sekumpulan batu yang tersusun dengan formasi tak biasa. Batu-batu yang lebih kecil menyangga batu yang lebih besar. Formasi batuan seperti ini bisa tercipta berkat keseimbangan yang luar biasa.


Selain itu, erosi yang berlangsung selama ribuan tahun telah mengikis permukaan batu sedemikian rupa hingga seperti bentuknya yang sekarang.


Meskipun fenomena balancing rock ini bisa ditemui di berbagai belahan dunia, ukuran balancing rock yang begitu besar menjadikannya tampak menakjubkan.

Bagaimana dengan daerah tempat tinggal Anda? Adakah batu seperti ini di sana?

sumber/merdeka/gaya

Saat ini 0 komentar :

Copyright © 2016 kasface.com - All Rights Reserved