Waspada..! Bahaya Botol Plastik Bagi Kesehatan

Tuesday, December 23, 2014 : 7:31:00 PM

Selain memiliki dampak pada lingkungan, penggunaan botol plastik pun berdampak bagi kesehatan kita. Maka itu, kita diminta untuk lebih waspada dalam menggunakan botol plastik di kehidupan sehari-hari.

Membawa botol minuman plastik merupakan cara sederhana agar terhindar dari rasa haus ketika sedang di perjalanan. Namun dalam penggunaannya, tidak sedikit dari kita yang menggunakannya berulang kali.

Plastik merupakan bahan sintetis yang diproduksi menggunakan segala macam senyawa. Memang, plastik yang berjenis PTE aman untuk digunakan, tapi hanya untuk sekali pakai. Plastik PTE akan menjadi masalah besar ketika didaur ulang dan digunakan kembali.

Dari waktu ke waktu, plastik akan melepaskan zat kimia yang disebut dengan Bisphenol A (BPA) ke dalam air. BPA sendiri diketahui memiliki dampak yang sangat buruk bagi kesehatan kita, seperti dikutip dari Health Me Up, Selasa (23/12/2014);

1. Masalah perilaku
2. Kekebalan tubuh yang menurun
3. Pubertas dini pada anak perempuan
4. Masalah kesuburan
5. Jumlah sperma yang rendah
6. Masalah penerimaan materi bagi seorang anak
7. Diabetes
8. Obesitas
9. Prostat
10. Kanker payudara

Selain BPA, botol plastik pun mengandung zat kimia yang disebut phthalates, yang membantu membuat plastik PVC lebih fleksibel.

Dari hasil penelitian, Phthalates telah dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan seperti kanker hati, jumlah sperma lebih rendah, dan masalah reproduksi.

Jadi, hati-hatilah dalam menggunakan botol plastik.

sumber/liputan6/health

Saat ini 0 komentar :

Copyright © 2016 kasface.com - All Rights Reserved