Menguak Misteri Gunung Perawan Tertinggi di Dunia

Wednesday, January 7, 2015 : 3:20:00 PM

Gunung yang berada di sekitar perbatasan Bhutan dan Tibet ini disebut-sebut sebagai gunung tertinggi di dunia yang belum pernah didaki. Tetapi posisi dan ketinggiannya masih menjadi tanda tanya hingga saat ini.

Dilaporkan situs Amusing Planet, Gangkhar Puensum diyakini terletak di perbatasan Bhutan dan Tibet. Tetapi beberapa peta yang belum dapat diverifikasi keakuratannya menyebutkan kalau gunung tersebut berada di wilayah Bhutan.

Ditengarai tingginya mencapai 7.570, menjadikannya gunung tertinggi ke-40 di dunia. Walaupun begitu hingga saat ini ketinggian Gangkhar Puensum yang sesungguhnya belum dapat diketahui dengan pasti.

Larangan untuk mendaki Gangkhar Puensum menjadi salah satu penyebab misteri yang meliputi gunung ini tak kunjung terpecahkan. Masyarakat setempat percaya kalau puncak gunung ini merupakan tempat bersemayam roh.

Karena itulah pemerintah Bhutan memutuskan untuk menghormati keyakinan masyarakat dengan melarang eksplorasi gunung yang puncaknya senantiasa tertutup salju itu.

Sebenarnya pemerintah Bhutan sempat mengeluarkan izin pendakian di Gangkhar Puensum pada tahun 1983.Saat itu tercatat beberapa ekspedisi untuk menjelajahi puncak Gangkhar Puensum dilakukan. Tetapi semua ekspedisi itu gagal. Salah satu tim bahkan tidak berhasil menemukan Gangkhar Puensum sama sekali.

Pada tahun 1994, pemerintah hanya mengizinkan pendakian jika tidak melebihi ketinggian 6.000 meter. Hingga akhirnya pada tahun 1994, pendakian ke Gangkhar Puensum resmi dilarang.


Sumber/merdeka

2 comments:

  1. Luar biasa indahnya gunung ini, mas...Mungkin karena kondisi pisik gunung ini membahayakan pendaki sehingga dilarang untuk melakukan pendakian...

    ReplyDelete
  2. gunung ada yang perawan juga ya hehe
    belum terjamah oleh manusia

    ReplyDelete

Copyright © 2016 kasface.com - All Rights Reserved