2 Tahun Hilang di Luar Angkasa, Kamera GoPro ini `Pulang` Kembali

Wednesday, September 16, 2015 : 11:23:00 AM

Kamera GoPro memang sering digunakan untuk mengabadikan momen-momen langka dengan mengambil lokasi ekstrem, seperti pegunungan, lautan, hutan dan beberapa lokasi menakjubkan lainnya. Namun pernahkan Anda berpikir bahwa kamera ini bisa mengambil momen secara langsung dari luar angkasa?

Sekelompok mahasiswa dari Stanford University menggagas ide gila untuk menerbangkan kamera GoPro menembus langit dengan menggunakan sebuah balon udara. Ide nekat mereka akhirnya berhasil direalisasikan dengan mempersiapkan balon udara untuk menerbangkannya di wilayah Grand Canyon.

Bersama dengan teman-temannya, Bryan Chan, selaku salah satu penggagas ide itu menerbangkan kamera GoPro ke luar angkasa pada Juni 2013 lalu. Ketika menerbangkan kamera tersebut, mereka juga menyematkan perangkat smartphone berkoneksi AT&T untuk melakukan tracking lokasi ketika balon tersebut mendarat.

Awalnya, Bryan dan teman-teman masih bisa melakukan tracking lokasi balon dan kamera GoPro-nya. Balon tersebut mampu terbang sampai tingkat ketinggian 98.664 kaki (30.1 km), sampai akhirnya kamera tersebut mencapai lapisan atmosfer Bumi yang notabene memang tidak memiliki coverage koneksi mobile sama sekali.

Pupus sudah harapan Bryan untuk kembali menggenggam kamera kesayangannya. Karena ia sudah berpikir bahwa sangat mustahil untuk mendapatkan kembali kameranya yang kadung ditelan ruang hampa luar angkasa.

Ajaibnya, berdasarkan informasi yang dilansir Telegraph, Rabu (16/9/2015), kamera action tersebut tiba-tiba kembali 'pulang' ke Bumi dua tahun setelahnya. GoPro milik Bryan ditemukan oleh seorang wanita bernama Pearl Tsosie ketika ia sedang berjalan-jalan di gurun pasir wilayah Grand Canyon.

Pada saat itu, Tsosie yang (kebetulan) juga bekerja untuk AT&T sedang melakukan hiking di wilayah Grand Canyon. Ia lalu menemukan kamera Go-Pro yang terkubur di pasir gurun. Kontan, ia penasaran dengan bentuk kamera itu dan langsung membawanya ke toko AT&T.

"Saya langsung pergi ke toko AT&T dan mereka akahirnya mampu mengidentifikasi SIM card pemilik smartphone dan kamera ini. Kami menemukan cuplikan rekaman kamera tersebut. Sungguh menakjubkan! Saya tidak menyangka kamera ini mampu menembus luar angkasa!" tutur Tsosie. Ia pun langsung menghubungi Bryan dan mengembalikan barang miliknya.

Pada video yang terekam, tampak dokumentasi Bryan dan teman-temannya merencanakan persiapan peluncuran balon dan rekaman langsung GoPro menembus tingginya lapisan langit hingga ke luar angkasa.

Saat ini, video rekaman GoPro tersebut diunggah di akun YouTube milik Bryan Chan dan telah dilihat sampai 2.813.952 kali.

Original link liputan6.com

Saat ini 0 komentar :

Copyright © 2016 kasface.com - All Rights Reserved