Tips Meredakan Nyeri Punggung

Tuesday, June 12, 2012 : 2:23:00 AM

Terlalu lama duduk dan berdiri dengan tubuh membungkuk tak jarang membuat Anda menderita sakit punggung. Sebelum mengatasinya dengan bermacam obat-obatan, cobalah atasi sakit punggung ini dengan berolahraga. Banyak bergerak dan berolahraga terbukti lebih ampuh untuk mengatasi nyeri punggung yang Anda alami. Beberapa latihan yang dapat Anda lakukan untuk meredakan sakit punggung Anda antara lain: 

1. Stretching
Stretching atau peregangan terbukti memiliki manfaat yang sama dengan yoga untuk mengurangi gejala sakit punggung. Peregangan dalam bentuk apapun, baik peregangan statis atau dinamis (bergerak dengan rangkaian gerakan lengkap), terbukti membantu meningkatkan fleksibilitas dan menurunkan risiko sakit punggung. 

Berdirilah dengan kaki kiri di depan. Tekuk lutut depan membentuk sudut 90 derajat. Luruskan kaki kanan di belakang sampai beberapa sentimeter dari lantai (inilah yang disebut posisi lunge). Putar pinggul ke arah kanan secara perlahan sampai otot perut sedikit tertarik. Tahan selama 20-30 detik, dan lakukan pada sisi tubuh sebaliknya. 

2. Yoga
Orang yang sering berlatih yoga ternyata memiliki daya tahan tubuh dari rasa sakit yang lebih tinggi dibanding yang tidak melakukan yoga. Yoga menggabungkan latihan peregangan, kekuatan, dan keseimbangan pose yang membantu menopang otot yang lemah, dan merilekskan otot yang tegang. Yoga juga merupakan olahraga yang bisa meredakan stres. 

Duduklah bersimpuh di atas tumit. Kemudian tekuk tubuh ke arah depan sampai wajah menyentuh lantai. Bentangkan lengan ke depan, dan tahan posisi ini selama 30-60 detik. 

3. Latihan beban
Para terapis fisik telah lama menganjurkan untuk melawan sakit punggung dengan menggunakan latihan beban. Latihan ini dianggap mampu meningkatkan kekuatan tubuh, dan mengembalikan fungsi tubuh seperti saat kondisi normalnya. Latihan ini juga mampu menstabilkan dan memperkuat tubuh Anda. Sakit punggung bisa terjadi ketika otot punggung tidak siap untuk sebuah gerakan tertentu, seperti mengangkat kotak berat atau menggendong anak. 

Berdiri dengan kaki selebar bahu, kemudian tekuk lutut sampai dalam posisi seperti duduk (inilah yang disebut posisi squat). Tangkupkan tangan ke depan, kemudian angkat pinggul sampai posisi berdiri, kemudian tekuk lagi lutut seperti posisi duduk. Tahan selama satu hitungan, dan ulangi antara 10-15 kali. 

4. Pilates
Sebuah penelitian menemukan bahwa pasien yang mengalami nyeri punggung yang tidak terlalu parah bisa sembuh setelah melakukan latihan Pilates selama empat setengah jam selama seminggu, dibandingkan dengan yang hanya melakukan perawatan dokter. Pilates mampu memperkuat otot inti yang mendukung tulang belakang, sehingga mengurangi risiko cidera. Pilates juga mampu meningkatkan fleksibilitas tubuh sehingga mempermudah tubuh untuk bergerak tanpa rasa sakit. 

Berbaringlah telentang di atas lantai, kemudian tekuklah lutut. Sembari menghembuskan nafas, angkat pinggul sedikit ke atas (dalam yoga, posisi ini biasa disebut bridge pose). Jaga agar posisi bokong dan tulang belakang tidak terlalu jauh dari lantai. Tahan selama beberapa detik, kemudian tarik nafas dan kembali ke posisi netral (menyentuh lantai). Ulangi antara lima sampai 10 kali.

Saat ini 0 komentar :

Copyright © 2016 kasface.com - All Rights Reserved