3 Efek Negatif dari Radiasi Microwave

Tuesday, December 18, 2012 : 6:51:00 PM

Jakarta -  Paparan radiasi dari perangkat eletronik seringkali disebut-sebut sebagai sumber penyakit berbahaya. Tak hanya radio dan telepon genggam saja, radiasi dari microwave pun bisa berdampak negatif terhadap kesehatan.

Di balik kemudahan dan kepraktisannya, microwave ternyata menghasilkan radiasi yang pada tingkat konsentrasi tertentu yang bisa merusak beberapa bagian tubuh yang sensitif. Meskipun Food and Drug Administration (FDA) dan beberapa ahli menyatakan radiasi dari microwave masih dalam batas aman, tetap saja ada risiko yang mungkin terjadi.

Berikut tiga risiko kesehatan yang ditimbulkan microwave:

1. Bersifat Karsinogenik
Banyak perdebatan mengenai paparan radiasi telepon genggam dan microwave yang dipercaya dapat menyebabkan tumor otak. Beberapa ahli mengatakan bahwa radiasi yang ada di microwave cukup rendah, sehingga risiko timbulnya gangguan pada kesehatan tidak terlalu tinggi. Tetapi menurut International Agency for Research on Cancer, gelombang radio frekuensi yang rendah tetap bisa menimbulkan risiko kanker.

Panas yang dihasilkan microwave mempercepat makanan panas atau matang. Panas yang dihasilkan dapat meningkatkan leukosit yang dapat menyebabkan keracunan, menyerang sistem kekebalan tubuh dan merusak sel, sehingga disinyalir dapat meningkatkan beberapa penyakit berbahaya seperti kanker.

2. Pengaruhi Reproduksi
Menurut Dr. Ali Khounsary dari Argonne National Laboratory, bagian tubuh yang sensitif terhadap panas bisa rusak oleh radiasi microwave dengan tingkat tertentu. Salah satunya adalah testis. Ini merupakan alasan mengapa radiasi microwave dapat mempengaruhi sistem reproduksi pria, bahwa untuk beberapa kasus bisa menyebabkan kemandulan.

3. Neurologis
Orang yang pekerjaannya selalu menggunakan microwave dipercaya kerap kali mengalami gejala seperti mata lelah, sakit kepala, cepat letih dan gangguan tidur. Efek ini disebabkan oleh radiasi gelombang mikro yang mempengaruhi sistem saraf pusat tubuh, menurut Canadian Centre for Occupational Health and Safety (CCOHS). Selain itu, ada penelitian yang mengungkapkan bahwa gelombang mikro dapat mengakibatkan orang kehilangan memori, ketidakmampuan belajar, dan ADHD.

Beberapa efek dari radiasi microwave, mungkin terdengar begitu menyeramkan. Namun bukan berarti Anda tidak bisa mengatasi serta mengurangi paparan radiasi. Misalnya dengan tidak berdiri terlalu dekat dengan microwave saat perangkat itu bekerja atau tidak memakai wadah plastik

Saat ini 0 komentar :

Copyright © 2016 kasface.com - All Rights Reserved