Tips Memilih Kualitas Gambar Film

Wednesday, April 11, 2012 : 3:10:00 PM

Memilih kualitas Film yang bagus, Bagus bukan dari hal Alur Ceritanya atau Tokoh Pemainnya. Memilih kualitas gambar yang tajam dan nyaman di tonton, ditambah kualitas suara dan efek animasi yang jernih. 

Tips disini adalah memilih Film yang ada di Internet, bukan Film yang diputar di Bioskop atau dimedia Televisi. Kalau Film di Bioskop dan Televisi kualitas gambar dan suara sudah dijamin bagus dan sudah masuk "Badan Sensor" pemerintah. Yaitu Badan Sensor Film yang men-sensor Film-film yang ada adegan "dewasa"nya sebelum diputar di Televisi. 

Beda lagi kalau kita ambil atau men-download lewat Internet, Rata-rata Film yang kita download di Internet kebanyakan tanpa Sensor alias Film asli tanpa "Cut" (potongan). 

Enaknya kalau kita nonton Film dari Internet tak ada "Iklan Sponsor" yang lewat, maksudnya tak ada iklan yang tiba-tiba muncul seperti di Televisi. Jadi langsung mutar terus sampai  beberapa jam, rata-rata Film di Internet berdurasi 1 - 2 jam. 

Sisi buruknya Film dari Internet adalah tanpa sensor, sangat membahayakan terutama anak-anak kecil yang masih dibawah umur. Jika sampai melihat Film yang ada adegan dewasanya akan terkena dampak negatif. 

Jenis Kualitas Film dari Internet 
Begitu banyak jenis-jenis kualitas Film yang beredar di Internet saat ini, dari yang kualitas jelek, buram sampai yang kualitas bagus. 

Urutanya sebagai berikut : 
CAM
Tipe ini merupakan kualitas terburuk dari sebuah film. Sumber film direkam dari bioskop dengan menggunakan video kamera portabel / handycam. Selain gambarnya buram, suaranya juga buruk, karena banyak noise yang ikut terekam, misal suara penonton. Diantara itu semua yang paling menyebalkan adalah, gambar kadang sering bergerak-gerak, hal ini mungkin disebabkan karena kamera yang digunakan untuk merekam film tersebut bergoyang. 

Telesync (TS) 
Kualitasnya gambarnya sama dengan CAM, hanya bedanya hanya di suaranya yang agak lumayan, soalnya suaranya direkam lewat line khusus, biasanya di bioskop ada line khusus yang biasanya digunakan untuk orang yang pendengarannya terganggu, nah si pembajak menggunakan media ini. 

Screener (SC) 
Film jenis ini biasanya dicopy dari video VHS yang telah resmi di release. Ciri khas film dengan flag ini adalah, masih adanya peraturan undang-undang hak cipta di awal film tersebut. Kualitasnya cukup baik, karena dicopy dari sumber aslinya langsung. 

DVD Screener (DVDScr) 
Sama dengan SCREENER hanya pada tipe ini, data diubah kedalam format DVD. 

DVDRip 
Sumber film di copy dari DVD release resminya. Kualitasnya sangat baik, karena langsung dicopy dari sumber aslinya. 

VHSRip 
Dicopy langsung dari VHS tapenya langsung. 

R5 
Sama dengan DVDRip, namun sourcenya berasal dari DVD yang telah release terlebih dahulu di Regional atau negara-negara berikut India, Afghanistan, Ukraine, Belarus, Russia, Africa (except Egypt, South Africa, Swaziland, and Lesotho), Central and South Asia, Mongolia, North Korea. 

TVRip / Episodes 
Film dengan jenis ini, biasanya direkam langsung pada saat film tersebut sedang disiarkan. Kulitas bergantung pada stasiun televisi yang menyiarkan, apakah film tersebut disiarkan dalam format high definition atau tidak. Kalau film tersebut disiarkan dengan format high definition, maka kualitasnya akan sangat baik. 

DSRip (Digital Satelite) 
Direkam dari transmisi satelite, kualiatasnya baik, biasanya di encode dalam format xvid. 

PDTV (Pure Digital TV) 
Film jenis ini direkam melalui jaringan TV digital dengan menggunakan Tv Tuner yang mendukung format digital. Kualitasnya sangat baik, biasanya di encode dalam format xvid. 

HDTV (High Definition TV) 
Sama dengan PDTV. 

Workprint (WP) 
Merupakan salinan dari film yang belum selesai, bisanya terdapat adegan yang hilang, suara yang tidak beraturan. Kualitas film dengan tipe ini bevariasoi, dari yang paling baik hingga yang paling buruk. 

DivX Re-Enc 
Merupakan film yang disalin dari DVD / VCD aslinya, damun di encode ulang, untuk menghasilkan ukuran yang lebih kecil. Tipe ini sering dijumpai pada dunia underground dan fansub. Contoh film-film anime biasanya tergolong ke dalam jenis ini. 

Bluray (HDVD) 
Type paling baru dengan kualitas High Def. Sumbernya dari Bluray (BRRip) atau HDVD. Kualitasnya sangat amat bagus dengan resolusi 1080. Diperlukan spec komputer lumayan biar bisa nonton tanpa patah-patah. Ukuran filenya sekitar 3-4 lebih besar dari DVDrip. 

R6 
Sama dengan R5 tetapi Regional berasal dari Republik Rakyat China. 

Dari begitu banyak jenis Film keluaran baru saat ini, saran saya pilihlah yang berkualitas Bluray (BRRip) resolusi 720p atau 1080p, gambar dan suara yang begitu bagus dan nyaman di tonton. Jika ingin menonton pakai komputer, spec PC nya Ram minimal 1 GB (hasil dijamin memuaskan) dan Film tak patah-patah atau tersendat-sendat.

Saat ini 0 komentar :

Copyright © 2016 kasface.com - All Rights Reserved