5 Jenis Cacing yang Mudah Masuk Tubuh

Thursday, December 18, 2014 : 9:23:00 PM

Parasit masuk ke tubuh manusia melalui banyak cara, mulai dari makanan, air, infeksi, pernapasan, dan kontak seksual. Kebanyakan parasit yang masuk ke tubuh terjadi pada anak-anak, namun tak menutup kemungkinan juga ketika hal ini terjadi pada orang dewasa.

Meski ada ribuan parasit yang bisa masuk ke tubuh manusia, namun hanya lima di antaranya yang benar-benar berbahaya. Berikut adalah lima jenis parasit berbahaya yang bisa masuk ke tubuh Anda, seperti dilansir oleh Health Me Up (13/12).

1. Cacing bundar
Cacing bundar masuk ke tubuh lewat makanan yang tak dimasak dengan benar atau makanan yang terkontaminasi. Cacing ini juga bisa masuk melalui kontak dengan kotoran binatang peliharaan. Cacing bundar hidup di perut dan usus manusia.

2. Cacing pita
Cacing pita bisa masuk ke tubuh lewat daging yang tak dimasak dengan benar seperti daging sapi, ikan, babi, dan lainnya. Cacing pita hidup di usus bagian bawah dan banyak ditemukan pada anak-anak.

3. Cacing kremi
Cacing kremi bisa menular dari satu orang ke orang lain karena sangat ringan dan bisa terbawa udara. Cacing ini juga bisa hidup pada saluran pencernaan, paru-paru, dan biasanya bertelur di sekitar anus. Ini menyebabkan rasa gatal pada bagian anus dan bisa menyebar pada orang yang menyentuhnya.

4. Cacing jantung
Caing ini termasuk langka dan bisa hidup pada paru-paru dan jantung. Cacing jantung disebarkan oleh nyamuk.

5. Cacing tambang
Cacing tambang ditemukan pada air yang terkontaminasi dan bisa masuk lewat telapak kaki. Cacing ini juga masuk ke tubuh melalui luka yang terbuka. Namun cacing tambang cukup langka ditemukan di tubuh manusia.

Ketika tubuh mulai dimasuki parasit, ada beberapa gejala yang perlu diperhatikan, antara lain: sakit perut, diare, disentri, penurunan berat badan, kelelahan, ada cacing dalam kotoran saat buang air besar, kehilangan nafsu makan, anemia, wajah bengkak pada bagian mata dan gatal di sekitar anus.

Waspadai gejala tersebut jika terjadi pada Anda dan segera periksakan diri untuk mengeluarkan parasit dari dalam tubuh!

sumber/merdeka/sehat

Saat ini 0 komentar :

Copyright © 2016 kasface.com - All Rights Reserved