Dua Lokomotif Bersejarah Segera Diboyong ke Ambarawa

Tuesday, September 29, 2015 : 4:50:00 PM

Koleksi Museum Kereta Api Ambarawa, Kabupaten Semarang, akan bertambah dalam waktu dekat. Paling lama akhir tahun ini, dua lokomotif bersejarah yang selama ini ditempatkan di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta akan menjadi "penghuni" museum KA peninggalan kolonial Belanda itu. 

"Secepatnya dua lokomotif akan kami boyong ke sini. Saat ini kami mempersiapkan dokumen dan teknis pengangkutannya," kata Manager Museum PT KAI Sapto Hartoyo, Selasa (29/9/2015). 

Menurut Sapto, kehadiran dua lokomotif uap yang konon dibuat 1900-an tersebut menambah deretan koleksi museum KA yang saat ini menyimpan 23 lokomotif uap. Menurut catatan sejarah, dua lokomotif calon penghuni museum KA itu dahulu beroperasi di Jawa Barat.

"Begitu tiba di sini, dua lokomotif itu akan kami perbaiki. Meskipun tidak berfungsi kembali, tetapi bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung," jelasnya. 

Sapto menambahkan, pihaknya secara rutin melakukan perawatan yang dilaksanakan tiap bulan. Seiring dengan rencana pengoperasian jalur heritage Ambarawa-Tuntang-Kedungjati, Museum KA Ambarawa akan terus berbenah.

"Pengembangan di sini masih terus kami laksanakan. Ke depan, pengunjung baik domestik maupun mancanegara bakal dibuat terkesima begitu ke Museum KA Ambarawa," jelasnya.

Original link kompas.com

Saat ini 0 komentar :

Copyright © 2016 kasface.com - All Rights Reserved