Tak Perlu Sabun Mandi Antiseptik Tiap Hari

Tuesday, December 18, 2012 : 8:42:00 PM

Mandi merupakan bagian penting dari perawatan kulit. Perawatan kulit bukan semata tentang membersihkan, namun juga memperbaiki sel kulit mati, melembabkan, juga memproteksinya. Karenanya, penting untuk memahami maksud dan tujuan perawatan tubuh, termasuk pemilihan pembersih hingga cara dan urutan merawat tubuh secara tepat.

Saat mandi, sebagian orang yang fokus hanya pada tujuan membersihkan cenderung memilih sabun mengandung antiseptik karena menganggapnya sebagai solusi dari kuman. Masyarakat awam menyebutnya sabun kesehatan. Sebagian lagi akan memilih sabun dengan aroma khas bahkan mengandung pemutih atau pelembab, yang fokusnya pada memelihara kulit agar tetap cantik. Orang awam menyebutnya sabun kecantikan.

Menurut Dokter ahli kulit, dr Amaranila Drijono SpKK, jika tujuannya membersihkan, sebenarnya sabun jenis Synthetic Detergent (syndet) cukup membersihkan kulit dari kotoran, keringat, minyak. Sementara sabun mengandung antiseptik sebaiknya digunakan sesuai kondisi bukan setiap hari setiap kali mandi.

Penggunaan sabun mandi non-syndet juga sabun mengandung antiseptik setiap hari cenderung menyebabkan kulit kering. Karena protein dan lipid alami kulit banyak terangkat saat proses mandi berlangsung.

"Sabun mengandung antiseptik hanya dipakai setelah beraktivitas yang sangat kotor. Tergantung kondisi. Kembali kepada langkah perawatan kulit, kita harus memahami maksud dan tujuan pemilihan dan pemakaian produk perawatan, lihat juga kondisi termasuk jenis kulit," ungkapnya dalam bincang-bincang mengenai perawatan kulit di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Idealnya, lanjut dr Nila (sapaan akrabnya), pembersih tubuh tidak membuat protein kulit banyak terbuang. Lipid juga jangan banyak rusak (banyak terangkat) saat mandi, kalau bisa justru pembersih bisa menigkatkan lipid alami kulit. Sebaiknya, pembersih tubuh juga bisa meningkatkan kelembaban kulit agar kulit tak kering dan kusam, namun justru menjadikan kulit lebih berkilau.

Saat ini 0 komentar :

Copyright © 2016 kasface.com - All Rights Reserved