Menolong Ternyata Bikin Orang Panjang Umur

Sunday, December 7, 2014 : 2:46:00 PM

Suka menolong orang lain adalah tindakan terpuji yang sering diajarkan oleh orang tua kita. Namun ternyata menolong orang lain tak hanya baik untuk orang yang ditolong, tetapi juga sangat bermanfaat untuk diri kita sendiri. Bahkan, penelitian telah mengungkap bahwa menolong orang lain dan menjadi dermawan bisa membuat kita lebih panjang umur!

Ketika membantu orang lain, seringkali seseorang akan merasakan perasaan bahagia yang lazim disebut 'helper's high'. Ketika perasaan ini muncul, sesungguhnya otak tengah mengeluarkan zat kimia yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi stres.

Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dengan menolong orang lain, seperti dilansir oleh Health Me Up (04/12).

1. Membuat panjang umur
Membantu orang lain, termasuk membantu membersihkan rumah dan melakukan pekerjaan rumah tangga diketahui bisa membuat panjang umur. Penelitian menunjukkan bahwa pasangan yang saling membantu dalam pekerjaan rumah tangga berusia lebih panjang dibandingkan dengan pasangan yang tak saling membantu.

2. Mengurangi stres
Penelitian juga menunjukkan bahwa perilaku yang kasar bisa meningkatkan stres pada diri sendiri. Begitu juga dengan orang yang terlalu pelit. Orang yang pelit mengalami peningkatan hormon stres cortisol dalam tubuhnya. Sementara itu, menjadi dermawan dan suka membantu orang lain memberikan efek sebaliknya. Menjadi dermawan akan mengurangi tingkat stres dan produksi hormon stres pada tubuh.

Membantu orang lain, terutama orang asing, akan membantu tubuh Anda untuk melepaskan oxytocin atau disebut juga hormon cinta. Hormon ini akan membantu menurunkan stres dan meningkatkan kepercayaan terhadap orang lain. Ini juga alasan mengapa orang yang dermawan dan suka membantu orang lain menjadi berusia panjang dan lebih bahagia

3. Menurunkan tekanan darah
Penelitian menemukan bahwa orang yang suka membantu orang lain memiliki tekanan darah yang lebih rendah dan terkontrol. Peneliti juga menemukan bahwa orang yang memberikan bantuan pada orang lain juga sering mendapatkan bantuan ketika dia membutuhkannya.

4. Menurunkan risiko depresi
Rajin membantu orang lain dan dermawan juga membuat orang jauh dari depresi. Penelitian mengungkap bahwa orang yang mengalami trauma dan masalah mental biasanya akan lebih cepat membaik ketika terlibat dalam acara amal dan menjadi sukarelawan untuk acara sosial.

Itulah beberapa manfaat membantu orang lain dan menjadi dermawan untuk kesehatan. Ketika orang membantu orang lain, baik secara fisik, materi, atau mental, tubuh mereka mengeluarkan zat kimia seperti dopamine yang membuat tubuh lebih tenang. Ini akan membuat orang tersebut lebih bahagia, terhindar dari stres, depresi, penyakit jantung, dan lainnya.

1 comment:

  1. Apapun bentuk sedekah kita bisa memuat hati tenang jika kita ikhlas, sehingga ini akan memperpanjang umur kita, karena menjauhakan dari penyakit.

    ReplyDelete

Copyright © 2016 kasface.com - All Rights Reserved